Bantu ya!

IKLAN YG NEMPEL DISINI

Jumat, 30 September 2011

Kabar PHP

dikelas 7 lebih tepatnya kelas 7.2, ada yang bilang ane orangnya PHP padahal engga, itu gara si cewe bopung(****)!!. padahal ana ga menjanji kan dan ga bilang bakal ama dia. Dianya yang ke GR-an *cih*. trus dienya aje yg nganggepnya kayak gitu dan nyebar ke orang-oraang kayak gitu. Dan gara si cwe BANGSAT! itu ane jadi dikenal PHP padahal engga.

Senin, 19 September 2011

Langkah Esensial Modifikasi Mobil

Langkah Esensial Modifikasi Mobil
Jika anda benar-benar baru dalam hal Modifikasi, anda bisa dengan mudah kebobolan kantong alias over budget karena terlalu bersemangat, atau bisa juga ada perasaan menyesal setelah mendapatkan hasil akhir yang diluar harapan. Oleh karena itu alangkah baiknya anda menggunakan jasa modifikator yang sudah terbukti reputasinya. Dengan begini anda dapat lebih memfokuskan pada rancangan awal bagaimana Modifikasi mobil yang diinginkan. Untuk selanjutnya, modifikator akan memberi masukan-masukan dari konsep yang anda inginkan. 
Setelah desain awal selesai, saatnya untuk menyesuaikan dengan budget yang akan dikeluarkan. Cari tahu dulu berapa harga yang dibutuhkan untuk proyek Modifikasi ini, mulai dari spare part sampai ongkos jasa sang modifikator.

Buat daftar spare part. Sebelum berbelanja, mulailah dengan mencatat dulu semua keperluan, kemudian catat pula barang apa yang sudah dibeli agar tidak membeli dua kali.

Mesin hasil modif sana-sini

Jika anda berniat mengganti cat mobil, terlebih dahulu harus dilakukan pengikisan cat. Yang biasa dilakukan adalah dengan metode blasting yang membuat mobil kembali ke warna asal yaitu abu-abu. Setelah pengikisan selesai, saatnya menghubungi tukang cat berpengalaman dan mulai memilih warna.

Untuk mesin, rem, suspensi, dan ban, cari tipe dan jenis yang cocok dengan besutan Anda, agar komponen-komponen tersebut tahan lama. Mesin adalah bagian paling penting dan mahal. Pastikan memilih mesin sesuai dengan apa yang anda desain sebelumnya.

Perlengkapan Suspensi

Setelah semua terpasang, saatnya memperhatikan desain interior dan eksterior. Hal inilah yang paling menarik perhatian orang, oleh karena itu pilihlah warna dan teknik sapuan yang tepat, dengan demikian tampilan mobil anda punya kesan unik dan spesial.

Jika anda memng terlanjur suka dengan Modifikasi, ada baiknya anda bergabung dengan komunitas Modifikasi, untuk saling bertukar pengalaman hitung-hitung tambah ilmu dalam blantika Modifikasi.

Mata Malaikat Pada Mobil Anda

http://www.situsotomotif.com/images/stories/accessories/ccfl/ccfl-angeleyes-10.jpg
CCFLDalam mengubah penampilan mobil kurang lengkap rasanya bila anda tidak menyentuh yang satu ini, yaitu lampu. Baik lampu depan maupun lampu belakang mobil sekiranya harus di pasang sesuai dengan karakter mobil anda. Ibarat mata pada seseorang, perubahan bentuk dan penampilan lampu dapat mengubah image sebuah mobil dengan drastis.
Saat ini beberapa tipe mobil mewah khususnya CBU telah mengadopsi berbagai fitur standar seperti LED dan lampu xenon, tetapi untuk kebanyakan mobil CKD terkadang pabrikan hanya memberikan lampu konvensional saja. Untuk itu perlu adanya Modifikasi dibidang lampu, baik lampu depan ataupun lampu belakang.

Lampu depan, lampu belakang dan trend terkini

Perbedaan mendasar lampu depan dengan lampu belakang adalah lampu depan dihkususkan untuk menerangi jalan pada malam hari sedangkan lampu belakang dikhususkan sebagai tanda (sign) untuk kendaraan yang ada di belakang. Anda boleh memodifikasi kedua lampu ini asalkan tidak melewati batas tujuan peruntukan lampu tersebut.

LED & CCFL.
Yang sering ditemukan untuk variasi lampu belakang adalah penggunaan LED (Led Emitting Diode). Sedangkan untuk lampu depan yang semakin populer adalah CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps) yang sinarnya bisa lebih terang dari LED.

CCFL adalah lampu yang penyebarannya pada satu bidang saja dan sifatnya tidak sebagai lampu sorot melainkan hanya sebatas untuk penampilan saja. Bila kita bandingkan intensitas cahaya antara CCFL dengan LED, maka CCFL lebih terang daripada LED. Bahkan CCFL akan tetap dapat terlihat jelas meskipun pada siang hari.

CCFL sudah dikenal BMW sejak 2001.
Dalam aplikasinya, CCFL untuk lampu mobil berbentuk lingkarang (full circle) yang mengitari lampu bohlam/HID. Efek yang diberikan CCFL disebut juga “Angel Eyes” (mata malaikat). Panggilan ini memang sangat cocok utuk menggambarkan efek CCFL. Bila dalam keadaan yang gelap gulita dan sebuah mobil dengan CCFL datang mendekati anda dari kejauhan (tanpa menyalakan bohlam/HID dan suara detu mesin) anda akan mengira bahwa malaikat sedang bermain-main ke bumi, atau mungkin makhluk Mars sedang mencari kawannya (anda ??).

Penggunaan CCFL sudah dimulai sejak lama oleh BMW yaitu pada seri 5 tahun 2001 dan sekarang penggunaannya semakin meluas baik itu sebagai fitur standard pabrikan maupun sebagai accessories Modifikasi pada berbagai merk mobil.

Semua Mobil Bisa Menggunakan CCFL.
Pada dasarnya CCFL dapat dicangkokan ke semua jenis mobil. Tetapi ada yang dome lampunya (rumah lampu) sudah mendukung, ada juga yang memang harus diganti. Kendalanya pada mobil keluaran tahun tua (2000 ke bawah) adalah kelangkaan variasi dome lampu yang tersedia di pasaran. Tetapi untuk mobil-mobil baru cukup biasanya tidak ada masalah.

Biasanya aksesoris lampu yang dijual di pasaran adalah lampu made in Taiwan atau Jepang (orisinal). Anda dapat mengaplikasikan aksesoris lampu sesuai jenis mobil anda dengan kisaran rata-rata harga lampu untuk mobil jepang adalah Rp 500.000,- s/d Rp 3.000.000, sedangkan untuk mobil eropa adalah Rp 1.000.000 – Rp 3.500.000,- dengan pemasangan kurang lebih 1-3 jam tergantung tingkat kesulitan pemasangan di tiap jenis mobil; ujar Jefri - pemilik Auto Concept yang beralamat di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sentra Aksesoris Mobil

Plaza Atrium : Salah Satu Pusat Onderdil Terbesar di Jakarta
Buat SO mania yang mau mencari spare part, aksesoris dan berbagai kebutuhan otomotif roda empat lainnya, tim SO telah membidik beberapa tempat dari berbagai penjuru Jakarta dan Tangerang.
A. Jakarta Selatan
Pasar Cipete
1. Pasar Cipete
Disini terdapat berbagai macam aksesoris dan juga pernak-pernik baru maupun bekas untuk kelengkapan kendaraan. Selain aksesoris juga disediakan jasa perbaikan dan perawatan mobil. Tapi letaknya yang di basement pasar membuat keadaan sedikit ruwet ditambah lagi kalau musim hujan membuat agak kurang nyaman karena becek. Untuk harga bisa terbilang murah tergantung trik menawar harganya.

ITC Fatmawati
2. Duta Mas Fatmawati (ITC Fatmawati)
Sentra onderdil ini merupakan pindahan dari pasar cipete ketika terjadi kebakaran. Tempat ini bisa dibilang sentra onderdil terlengkap diJakarta Selatan. Mulai dari aksesoris, perawatan dan perbaikan mobil hingga instalasi audio tersedia disini. Tempatnya bisa dibilang cukup nyaman, dimana untuk lantai 1 khusus untuk perbaikan, perawatan dan juga instalasi audio. Sedangkan untuk lantai 2 dipusatkan untuk penjualan aksesoris.


Sentra Onderdil Pondok Cabe
3. Sentra Onderdil Pondok Cabe
Terletak diujung paling Selatan Jakarta, bisa dibilang mirip dengan pasar mobil Kemayoran, bedanya hanya tidak ada tempat penjualan mobkas tapi segala macam hal yang berhubungan dengan mobil tersedia cukup lengkap disini. Yang agak repot mungkin ketika musim hujan, dimana akses menuju kesana biasanya terkena banjir.

B. Jakarta Pusat

Pasar Mobil Kemayoran
1. Pasar Mobil Kemayoran
Pasar Mobil Kemayoran adalah tempat yang telah lama dikenal oleh masyarakat luas kota Jakarta dan sekitarnya. Kawasan ini memiliki lahan yang sangat luas dan lengkap untuk segala keperluan otomotif roda empat bahkan sampai roda 2 pun ada. Keamanan yang cukup baik dengan didukung adanya pos parkir pintu keluar maupun pintu masuk, memiliki sistem parkir yang cukup aman ditangani secara profesional. Beberapa hal yang perlu anda ketahuai apa saja yang ada didalamnya: show room mobil bekas, Audio, accessories mobil standar atau modif, spare part resmi asli Keluaran pabrik atau racing , Velg, ban, bengkel, body kit, pengecetan standar serta pemolesan, semua ada di pasar mobil kemayoran.
MGK Mall Glodok Kemayoran
2. MGK Mall Glodok Kemayoran
MGK Mall memiliki lokasi yang berseberangan dengan Pasar Mobil Kemayoran. DI kawasan MGK ini penjual autopart, accessories, maintenance, car audio keperluan mobil terdapat pada lantai 5 dan 6. Kedua lantai ini dinamakan MGK Otozone, dan disinilah berjajar blok toko-toko yang siap melayani berbagai kebutuhan otomotif roda empat dengan baik, SO mania dapat mengunjunginya dengan nyaman langsung menggunakan mobil tanpa harus dipusingkan dengan calo.

3. Pusat Onderdil Atrium Plaza Senen
Pusat onderdil mobil Atrium Plaza terletak dibilangan kawasan Senen, Jakarta Pusat. Lokasinya terletak di lantai 5 dengan suasana yang sangat nyaman karena berada di dalam pusat perbelanjaan atrium plaza. Jadi SO mania yang ke lokasi ini bisa juga mengajak keluarga sekaligus untuk berbelanja. Pasar onderdil Plaza Atrium ini menyediakan hampir semua kebutuhan part dan aksesoris, car audio sampai perawatan mobil. Toko-tokonya tertata rapih, didalamnya sudah ada denah arah yang membantu konsumen dalam mencari kebutuhan mobil dan disini tidak akan ditemui calo.

C. Tangerang

Sentra Onderdil BSD
1. Sentra Onderdil BSD
Terletak dijantung BSD City, sentra onderdil ini lebih mengkhususkan pada instalasi audio. Bermacam produk audio ternama tersedia disini. Untuk bengkel, hanya tersedia bengkel umum untuk perawatan dan perbaikan ringan.
BSD Autoparts
2. BSD Autoparts
Letaknya bersebelahan dengan Sentra onderdil BSD hanya dipisahkan oleh pom bensin. Disini lebih lengkap dibandingkan dengan Sentra onderdil BSD, mulai dari bengkel perawatan & perbaikan mobil, installer audio hingga penjualan aksesoris kelengkapan mobil tersedia disini. Tempat ini pun lebih luas dibandingkan dengan Sentra onderdil BSD.

Baca SelengkapnyaSentra Aksesoris Mobil | Tips Modifikasi http://www.situsotomotif.com/modifikasi-tuning/tips-modifikasi/sentra-aksesoris-mobil#ixzz1YSUOMT8i

Acuan Modifikasi Ukuran Velg Dan Ban

Ukuran Velg Dan Ban
Velg dan ban adalah dua bagian yang tidak dapat dipisahkan. Dalam dunia modifikasi, ukuran velg dan ban sangat berpengaruh pada penampilan dari sebuah mobil, namun diluar dari itu, perlu diingat juga besar ukuran dari keduanya sangat mempengaruhi faktor kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, ketika mengganti velg dan ban tidak bisa sembarangan, ada banyak hal yang patut diperhatikan agar tidak ada penyesalan dikemudian hari ketika sudah mencangkoknya ditunggangan kesayangan.

Kombinasi Ukuran Velg Dan Ban
Rekomendasi dari pabrik mobil sebuah mobil dapat mengganti ukuran velg tanpa mengurangi performa dari mesin dan kenyamanan dalam berkendaraan adalah maksimal 2 tingkat (+ 2) dari ukuran standar yang di dapat dari pabrik. Tetapi dalam dunia modifikasi sebuah mobil dapat mengganti ukuran peleknya hingga 4 tingkat (+4) diatas ukuran velg standarnya tanpa perlu melakukan perubahan pada bodi mobil.

Tentunya pergantian ukuran velg dengan yang lebih besar (up-size) ini harus diikuti dengan pergantian ukuran ban yang benar sehingga tidak akan terjadi gejala mentok atau gesrot pada bodi dalam mobil maupun pada fender mobil.
Image

Sebagai contoh, Honda New City memiliki ukuran standar velg 15 inci, maka rekomendasi  dari pabrik untuk kenyamanan yang baik adalah mengganti dengan velg ukuran 17 inci dikombinasikan ukuran tebal ban 40, dan apabila ukuran pelek tersebut dirasa masih kurang besar maka maksimal pergantian velg adalah hingga ukuran 19 inci dan dikombinasikan ukuran ban yang berprofil tipis, seperti yang berukuran tebal 35. Patokan kombinasi ukuran antara velg dan ban seperti diatas berlaku juga untuk mobil jenis sedan maupun hatchback seperti Yaris ataupun Jazz.

Efek Merubah Ukuran Ban dan Pelek 
Banyak orang bertanya, apakah ada pengaruhnya atau efek jika telah merubah ukuran velg dan ban?.. Manfaat dari melakukan perubahan ukuran velg dan ban jadi lebih besar diantaranya adalah respon  handling mobil menjadi lebih baik ketika berubah arah atau bermanuver, karena area kontak ban dengan permukaan jalan menjadi lebih luas sehingga membuat daya cengkeram ban jadi lebih besar, selain itu penampilan mobil pun menjadi lebih catchy.
  
Akan tetapi kelemahan setelah up-size velg dan mengganti ban dengan yang berprofil lebih tipis dan lebar akan sedikit mengurangi daya redam mobil terhadap permukaan jalan yang tidak rata dan sedikit lebih bising (noise road) akibat kontak permukaan ban dengan jalan semakin besar.
Image

Hal ini memang tidak berlaku mutlak pada setiap mobil yang ada tetapi dapat menjadi acuan dan panduan untuk mengganti ukuran velg yang lebih besar dengan aman. Agar velg dan ban terpasang dengan baik dan benar tanpa masalah, maka kombinasi dari lebar velg dengan ukuran ban harus sesuai. Dari contoh diatas, hasil dari kombinasi lebar velg dengan ukuran ban diatas adalah berpatokan dengan bentuk ban yang dapat pas melindungi bibir pelek setelah up-size serta agar terhindar dari ban terpentok dengan fender saat setir dibelokkan. 

Daftar PCD Mobil 
Berikut daftar PCD utk beberapa merk mobil yg ada.

Audi :
-(5x112)
-(5x100)
BMW :
-Dari seri 1 sampe 8 (5x120)
-318i m40 (4x100)
Chevrolet :
-Captiva (5x115)
Ford :
-Laser taxi (4x114,3)
-Ranger (6x139,7)
-Everest (6x139,7)
Daihatsu :
-YRV (4x110)
-Taft/Rocky (5x139,7)
-Feroza (5x139,7)
-Zebra (4x110)
-Xenia (4x114,3)
-Ceria (4x110)
-Classy/Winner (4x100)
-Charade (4x110)
Honda :
-Civic (4x100)
-New Civic (5x114,3)
-City (4x100)
-New Accord (5x114,3)
-Old accord (4x100)
-Maestro (4x114,3)
-Cielo (4x114,3)
-CRV (5x114,3)
-Odyssey (5x114,3)
-HRV (5x114,3)
-Elysion (5x114,3)
-Legend (5x114,3)
-Jazz (4x100)
-Stream (5x114,3)
-New CRV (5x114,3)
Hyundai :
-Atoz (4x114,3)
-accent (4x114,3)
-coupe (4x114,3)
-Trajet (5x114,3)
-Avega (4x114,3)
Isuzu :
-Panther (lama) (4x114,3)
-Panther (baru) (6x139,7)
KIA :
-Carnival (5x114,3)
-Carens (4x114,3)
-Sportage (5x114,3)
-Visto (4x100)
Mazda :
-Lantis/Familia (4x100)
-E2000 (4x114,3)
-RX8 (5x114,3)
-323 (4x114,3)
-626 (4x114,3)
-Mx-6 (5x114,3)
-Astina (4x114,3)
-Rx7 (5x114,3)
Mercedes-Benz :
-Dari A sampai S class (5x112)
Mitsubishi :
-Lancer (lokal) / (Old) (4x114,3)
-Galant (4x114,3)
-Kuda (5x114,3)
-L300 (5x114,3)
-L200 (5x114,3)
-Lancer evolution (versi lokal) (4x100)
-Lancer Evolution (CBU) (4x114,3)
-T120s (4x114,3)
Nissan :
-Xtrail, Serena (5x114,3)
-Cefiro (4x114,3)
-Grand Livina (4x114,3)
Opel :
-Blazer (6x139,7)
Peugeot :
-405, 306, 206 (4x108)
-504, 505, 604 (4x140)
Suzuki :
-Baleno (4x100)
-Esteem (4x100)
-Escudo 2.0 (5x139,7)
-APV (5x114,3)
-Vitara, sidekick (5x139,7)
-Swift (4x100)
-Aerio (4x100)
-Katana (5x139,7)
-Amenity (4x114,3)
-Grand Vitara (5x114,3)
Timor :
- S515 /i (4x100)
Toyota :
-Avanza (4x114,3)
-Corolla Great, All New, Twincam (4x100)
-Corolla Altis (4x100)
-New Corolla Altis (5x100)
-Vios (4x100)
-Kijang Super & Kapsul (4x114,3)
-kijang Innova (5x114,3)
-Alphard (5x114,3)
-Starlet (4x100)
-landcruiser (6x139,7)
-Rush (5x114,3)
-Yaris (4x100)
-Celica (5x100)
-Wish (5x100)
-Harrier (5x114,3)
-Crown (5x114,3)
-Fortuner (6x139,7)
-Corona Absolute (5x100)
Volvo :
-(5x108) 

Tips Cara Membeli Aksesoris mobil yang Murah

Banyak orang berpendapat bahwa mobil yang dimilikinya adalah bagaikan isteri kedua baginya. Ketika mobilnya ngadat minta diperbaiki, maka uang apa saja dan berapa saja seketika itu juga digunakan untuk biaya perbaikan mobilnya tersebut. maka dari itu, Jika mobil anda sekarang ini kurang lengkap aksesoris mobilnya, maka segera bawa mobil anda tersebut ke bengkel mobil atau ke toko variasi mobil yang terdekat dari rumah anda namun lengkap stock asesorisnya mulai dari lampu-lampu, pelek mobil, gril depan mobil, klakson mobil dll. Jadikan isteri kedua anda tersebut lebih kinclong dan lebih cantik dari pada sebelumnya.
Bagi anda yang baru saja membeli mobil bekas, pasti anda akan menemukan kekurangan. Segera lengkapi mobil bekas yang baru anda beli tadi dengan aksesoris mobil yang berkualitas namun harganya kompetitif. Bawalah mobil anda ke bengkel mobil atau toko variasi mobil terdekat untuk di up-grade sedemikian rupa sehingga berubah penampilan dan performanya menjadi lebih menarik dan good-looking.
Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan serentak pula anda laksanakan yakni beberapa tips cara membeli aksesoris mobil yang murah, antara lain:
    Catat oleh anda berapa items atau jenis aksesoris mobil yang perlu anda beli. Buatlah klasifikasi atau urutan berdasarkan skala prioritasnya. Jika perlu beli semua items aksesoris mobil tersebut seandainya budget yang anda miliki mencukupi.
    Pilih toko aksesoris mobil atau variasi mobil yang sangat lengkap dan terkenal karena anda bisa memilih berbagai macam merk, type, harga untuk sebuah items tertentu. Mintalah diskon untuk masing-masing items aksesoris mobil juga diskon dari total harga semua items aksesoris mobil yang anda beli.
    Jangan fanatik terhadap aksesoris mobil merk tertentu. Pilihlah merk yang harganya lebih murah tapi kualitasnya cukup bagus.
Demikian tips dari kami, semoga mobil lama anda atau mobil bekas yang baru anda beli akan tampil lebih perfect dengan aksesoris mobil yang berkualitas.

Exotic Suzuki Swift GT


Exotic Swift
Fokus dengan satu konsep modifikasi sanggup menjadikan Swift ini tampil mewah dan banyak meraih trophy kontes modifikasi.
Sepertinya pemuda 20 tahun yang akrab dipanggil Michael ini sangat berambisi untuk mengubah Suzuki Swift GT 2007 besutannya menjadi lebih elegan dan akhirnya konsep modifikasi Japanese elegan VIP pun menjadi pilihannya.
Tampang luar mobil sudah berubah sesuai konsep modifikasi yang diusung. Bumper depan dan belakang sudah mengaplikasikan produk custom dengan desain yang tidak menghilangkan originalitas bentuk mobil namun tetap bisa menampilkan kesan mobil kelas premium. Body luar makin terlihat compact dengan aplikasi side skirt, spoiler custom dan DAD muffler. Untuk warna body, Michael membalut mobil besutannya dengan Xyralic White, alhasil Swift besutannya ini terlihat lebih segar dan eye catching.
Image
Image
Per Potong 3 Ulir

Untuk bagian kaki-kaki, terutama per mobilnya, Michael tetap mengandalkan per bawaan pabrik. Akan tetapi untuk mempertegas konsep modifikasi yang diusungnya, per asli direlakan untuk dipotong sebanyak 3 ulir biar terlihat lebih ceper. Kesan mewah mobil ini semakin terpancar dengan aplikasi pelek Autocouture Magnifique berdiameter 20 inci berbalut ban Nitto 225/35. Alhasil dengan kombinasi modifikasi kaki-kaki yang diusung mobil ini membuat ban dapat sedikit tercelup ke dalam fender tanpa harus melakukan wide body.

Luxury Interior
Ruang kabin mobil yang awalnya belum mewah langsung dirubah jadi mewah demi mewujudkan konsep modifikasi elegan secara menyeluruh. Terbatasnya ruang kabin tidak membuat sang empu ragu untuk menjejalinya dengan berbagai aksesoris mewah lansiran DAD secara full.

Pada sisi kiri dasbor dan bagian tengah kabin belakang mobil terlihat sudah dibuatkan custom minibar dengan berbagai aksesoris mewah. Jok dan doortrim mobil juga semakin mewah dengan balutan bahan kulit (leather) Bekleed berdesain custom Garson Leaf. AplikasiTuas persneling DAD Garson Glitter dan pedal set DAD Garson Empire juga semakin menambah nuansa mewah kabin besutann Michael.
Image
Sistem 3 Way Minimalis
Bukan hanya kemewahan eksterior dan interior saja yang ingin dihadirkanpada mobil ini, pada sektor audio systemnya pun sang empu menginginkan kualitas suara yang mewah yang dapat memanjakan telinga. Untuk mewujudkannya, Michael menyerahkannya langsung ke workshop audio Sound Master dengan Ming sebagai instalurnya.

Agar konsep audio yang diinginkan dapat terwujud, maka mobil ini dijejali konsep Sound Quality (SQ) dengan desain yang minimalis. Pertama yang dilakukan untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, mobil ini dijejali speaker depan 3 way system dengan memakai Crescendo Opus yang dipadukan speaker belakang Grandeur Kraft, sedangkan untuk head unitnya mengandalkan JVC KW-AVX 900. Untuk mendapatkan suara bass yang mumpuni untuk konsep Sound Quality, subwoofernya pun menggunakan Grandeur Kraft 12 inci sebanyak 2 buah.

Secara keseluruhan, modifikasi yang diusung mobil ini sangat terkonsep rapi hingga ke detail, alhasil di ajang gelaran Accelera Auto Contest kota Surabaya beberapa waktu lalu, mobil ini berhasil meraih beberapa trophy kontes, diantaranya yaitu untuk kategory Best Suzuki, Best Elegant Bodykit, Best Elegant Style, Best Leather Interior, Best Small MPV dan masuk menjadi salah satu nominasi King Elegant.


Tips Merawat Cakram Rem Mobil

rem1
Rem cakram adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. Rem ini bekerja dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. Rem jenis ini juga digunakan pada kereta api, sepeda motor, sepeda

 

Rem merupakan bagian yang cukup penting pada kendaraan. Kondisi rem sangatlah tergantung pada bagaimana cara perawatannya, kalau perawatan rem selalu diabaikan maka fungsinya juga tidak akan optimal akibatnya akan mengancam keselamatan pengendara maupun orang lain disekitarnya.

Cara mengemudi, menggunakan rem, kondisi jalan, dan karakter kepadatan lalu lintas, turut mempengaruhi usia pakai perangkat rem. Keawetan komponen rem amat bergantung dengan cara pengemudi memperlakukan rem. Perawatan rem biar tetap berfungsi dengan baik tidaklah terlalu sulit, yang penting tahu cara perawatan yang baik dan benarnya, berikuti ini ada beberapa kiat-kiat untuk perawatan rem.

Langkah pertama yang harus diperhatikan untuk perawatan rem adalah pada bagian disk break dan tromol, kualitas minyak rem, saluran rem serta kanvas remnya. Untuk minyak rem, biasanya harus diganti atau dibersihkan seteleh kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

Minyak rem harus diperhatikan agar tidak kosong, yang harus diperhatikan juga adalah perbandingannya antara bagian depan dan belakang adalah 2:1, dimana bagian depan harus mendapatkan porsi paling banyak karena paling sering digunakan untuk mengerem. Segera tambahkan dengan minyak rem jenis yang sama dan cek sistem rem apakah ada kebocoran atau tidak. Karena jika kondisi sistem rem normal, pengurangan volume minyak rem tidak akan cepat terjadi, pengurangannya hanya berjalan seiring penipisan kanvas rem. Lakukan penecekan minyak rem sekitar dua minggu sekali.

Pada umumnya pabrik mobil merekomendasikan mengganti minyak rem setiap 2 tahun atau 40.000 km. Hal tersebut berlaku untuk kondisi normal. Kalau kondisi kerja rem berat, misalnya sering melalui jalanan macet, frekuensi penggunaan rem jadi tinggi. Ini bukan saja mempercepat kampas atau piringan (rem ckaram) aus. Umur pakai fluida rem jadi pendek.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian kanvas rem apakah masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Cara memeriksanya yaitu lepaskan roda, kemudian perhatikan bagian disk break dan kanvas rem. Agar berfungsi dengan baik Bersihkan kanvas rem jika kotor dengan menggunakan amplas, sikat atau kuas. Berikan gemuk atau pelumas di bagian besi penahan, hati-hati jangan sampai terkena bagian sepatu rem, setelah itu pasang kembali kanvas dan kancingkan.

Sebaiknya untuk kendaraan otomatis penggantian kanvas rem biasanya setelah menempuh jarak 20 - 25.000 km, sedangkan untuk kendaraan manual penggantian kanvas rem biasanya setelah menempuh jarak 40.000 km. Dengan perawatan sistem rem berkala, kecelakaan akibat rem blong dapat diminimalisir. 


Minggu, 18 September 2011

Fungsi dan Peran Aerodinamis di Mobil: Bikin Kencang dan Irit BBM




Detroit – Banyak dari kita memilih mobil berdasarkan harga, model dan kebutuhan. Namun, masih sedikit yang mengetahui fungsi dan dimana letak dari sisi aerodinamis dari sebuah desain mobil.

Dan pabrikan asal Amerika, Ford mau membagi sedikit penjelasan mengenai pengaruh, keuntungan dan dimana desain aerodinamis itu terdapat pada mobil mereka. Yuk, lanjut.

Derrick Kuzak, Ford group vice president of Global Product Development menyatakan, dalam sebuah desain kendaraan Ford pengembangan sisi aerodinamis sangatlah penting. “Karena dapat mempengaruhi konsumsi BBM dari setiap mobil secara signifikan,” jelasnya.

Tak hanya itu, segi aerodinamis yang baik dalam membelah udara juga diklaim mampu meningkatkan performa dari kendaraan tersebut.

Nah, dalam mengoptimalkan gerakan udara, Ford berani mengubah fascia depan, belakang hingga spakbor pada sedan Fusion and Fusion Hybrid versi terbaru.

Selain itu,untuk produk global mereka, Fiesta juga mengalami peningkatan sisi aerodinamis melalui desain ulang pada underbody shields, side air deflectors dan gril blocker yang lebih rendah.

Di beberapa negara, Fiesta juga dilengkapi paket Super Fuel Economy (SFE) yang dijamin menambah tingkat keiritan konsumsi BBM hatchback tersebut. Paket ini sendiri terdiri dari perangkat cruise control dan ban low rolling-resistance.

Pengembangan lebih lanjut juga terdapat Focus versi sedan empat pintu. Sebab, selain menerapkan paket SFE, Focus juga dilengkapi dengan decklid spoiler belakang dan wheel cover yang aerodinamis.

Lalu, Focus sedan juga menganut sistem gril shutter aktif yang inovatif dan tentu dapat meningkatkan sisi aerodinamis. Perangkat ini akan membuka kisi-kisi gril saat pendingin ekstra dibutuhkan. Contohnya saat kecepatan rendah, atau kondisi jalan stop and go seperti di kemacetan.

Sedangkan saat berkendara dikecepatan kencang dan stabil, seperti di jalan tol, gril akan menutup secara otomatis. Dan meningkatkan segi aerodinamis dan efisiensi BBM nya.