Bantu ya!

IKLAN YG NEMPEL DISINI

Jumat, 09 Desember 2011

Teknologi Mesin TVS Tormax 150

 
Bro sekalian, pada acara Bedah teknologi India bersama TVS Motor, selain membedah jeroan TVS NeoX3i dan TVS RockZ . . . semua pesertapun diajak lebih dalam mengetahui jeroan mesin  dan beberapa fitur yang dibenamkan di Bebek super Terbaru TVS yakni TVS Tormax 150. Pada Bagian Mesinnya, Fokus Utama TVS adalah menghadirkan mesin dengan Karakter Sport namun tetap memiliki durabilitas yang tinggi . . . naaah maksute Gimana tuh? mari kita simak bersama . . .

 
Kalo Kita mau jeli dapatlah Kita ketahui Bahwa mayoritas motor motor yang dikreasi oleh TVS memiliki karakteristik rasio bore-stroke yang Oversquare alias Short-Stroke. Pemilihan mesin bertipe Oversquare ini menyebabkan ukran bore lebar dan kita bisa mengaplikasikan Valve ukuran besar atau bahkan multi valve . . . Oleh sebab itu Tormax bisa menggunakan 3 valve. Karena Strokenya pendek maka Jarak Pergerakan Piston tentu akan pendek dan tentunya friksi akan juga berkurang. Crankshaft pun tidak terlalu ‘stress’ jika dibandingkan mesin dengan Stroke yang lebih besar . . . cmiiw

 
Udah jarak pergerakan nya pendek ditambahlagi pengaplikasian ringpiston tipis membuat friksi atau gesekan semakin kecil lagi . . . sama seperti varian Neo dan rockz,  tebal ring piston pada motor umumnya 1 mm maka di TVS Tormax 0,8 mm dan untuk Oil ring, tebal pada pada motor umumnya 2 mm maka di TVS Tormax 1,5 mm.

 
Selain itu untuk mereduksi friksi, rockerarm klepnya juga mnggunakan roller yakni semacam bearing sehingga pergerakan rockerarm lebih minim getaran . . . Githu doang? sama aja dong dengan TVS Neo? eiit tar dulu bro . . . ternyata di tempat pertemuan rockerarm dan ujung pegas klep ada semacam ‘sendi peluru’  TVS menyebutnya sebagai Universal FootTaped Yang membuat pergerakan klep bisa lebih fleksibel lagi dan akan lebih minim getaran lagi . . . TVS mengklaim ini pertama di bebek.

 
Jalur Oli didalamnya sama seperti TVS Neo dimana selain terendam oli, transmisi juga disemprot oleh oli. Begitu Juga dinding silindernya juga disemprot pake Oli, kecepatan sirkulasi oli di dalam jeroan mesin Tormax mencapai 4,6 liter per menit pada RPM 8.000. Udah githu ditambahlagi dengan sistem pendingin cairan yang grid radiatornya berada di tebeng . . . disinyalir lebih aman dari pada tampolan kerikil niiih


 
TVS bilang ini adalah Bebek super, dan dibuktikan dengan data Klaim mereka terhadap mesin yang digunakan tormax . . .Bro bisa cekidot Grafik diatas dimana terlihat pada RPM Rendah pun torsi dari motor ini cukup tinggi (11 Nm di rpm 3.500). TVS Mengklaim Tormax memiliki akselerasi drag cukup cepat yakni 13,2 detik untuk memacu Tormax dari keadaan diam sampai kecepatan 90 km/jam


 
Seperti yang pernah tmcblog kupas secara tuntas, TVS Tormax dibekali dengan sistem dual tune yang pengoperasiannya secara mekanis melalui sebuah tuas di bawah tuas choke pada setang kiri. Dimana pengoperasian tuas tersebut dapat membuka tutup dua ‘butterfly valve’ pada Knalpot sehingga gas buang dapat dipilih melalui sistem muffler yang berkelok atau melalui sistem muffler yang los alias  free Flow Selain itu Tormax dibekali dengan bentuk sasis yang cukup stiff Dan Spedometer full digital yang menurut tmcblog merupakan spedometer digital paling lengkap dan paling informatif yang diaplikasikan pada motor lokal . . .


 
Okelah sekian dulu paparan tmcblog terhadap sedikit seluk beluk jeroan dan fitur TVS Tormax 150 ini dan mudah mudahan dengan paparan ini membuat konsumen lebih terbuka pandangannya terhadap kualitas teknologi India Yang ditawarkan Oleh TVS . . . silahkan dikunyah kunyah, dan semoga berguna


@OpangAIA via Twitter and Heello (lihatbodytormaxdipostingygdiataslagi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar